tangki bocor

No comments
tangki bocor

biar tangki tahan lama, diisi oli samping yang kategori bagus sebanyak 50cc setiap bulan dalam kondisi tangki masih penuh bahan bakar, dijamin tangki akan lebih kuat dan tahan dari karat walaupun ada tapi bakalan lama ga bocor karena terlapisi oli. kenapa ketika memasukan oli dalam keadaan penuh? karena bila dalam keadaan penuh seluruh permukaan tangki akan terjangkau oli.

mengatasi tangki bocor


1. bila dalam keadaan darurat beli sajaa lem alteco, tangki dikosonagin, ditetesin lem alteco, lalu dikasih abu rokok. dan dikasih lem alteco lagi, didiamkan 1 jam. cara ini lebih awet daripada dikasih sabun mandi.

2. rekomendasinya menggunakan epoxy (a.k.a plastic steel) tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih lebar dari yang ditutup pelat kompositenyaberharap dari kekuatan material kedua ini, semuanya lebih terekat baik.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.

selangkapnya:
Langkah awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1 liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di bawah terik matahari.

Setelah benar-benar kering, siapkan campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental, ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula. Untuk pencegahan, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Soalnya bisa mengundang kondensasi dan air.

No comments :

Post a Comment