modifikasi dan perawatan motor

No comments
Tangki adalah salah satu komponen sepeda motor yang vital. Dari segi tampilan, tangki memberi identitas bagi tubuh kendaraan. Tangki sama pentingnya dengan lampu depan berikut kedoknya dan buntut berikut lampu belakangnya. Itulah sebab pabrikan motor-motor cantik selalu mendesain bagian ini dengan bentuk dan kontur yang penuh perhitungan. Tangki model sport, model turing, bahkan model tear drop pada motor-motor chopper selalu memberi daya pikat tersendiri.
Bagi anda yang senang modifikasi, maka tangki motor adalah sektor yang segera diberi bentuk dengan cara kondom atau diganti dengan model yang lebih manis.
Selain itu, sisi paling vital dari tangki tentu saja karena ia menyimpan bahan bakar. Banyak kegagalan dalam balapan disebabkan oleh kesalahan perhitungan dalam mengukur besarnya volume bahan bakar yang bisa ditampung, pengisian, dan jarak tersedia dalam sebuah balapan. Pada pemakaian sehari-hari, motor anda akan ngadat jika tangki bahan bakarnya bermasalah, seperti kotor atau mengandung air. Betapa vitalnya fungsi tanki bahan bakar kendaraan.
Tangki yang dirawat dengan baik akan cukup bertahan lama digunakan sampai belasan tahun. Sementara tangki yang kurang terawat akan rusak dalam 2 atau tiga tahun saja. Karat dan bocor merupakan penyakit terbesar yang sering ditemukan.
Perawatan tangki pada dasarnya sangat mudah. Baik dengan secara rutin memeriksa kondisinya, membersihkan secara teratur, atau segera memperbaiki jika terjadi kerusakan. Mari kita ikuti berbagai tips merawat tangki dimulai dengan cara paling pertama dan paling ringan. Sebagai catatan, tips ini lebih berguna bagi pada motor sport yang tangkinya terletak di alam “terbuka” ketimbang motor jenis lain.
Bagi anda yang masih menggunakan perangkat kaki-kaki standar mungkin tips ini tidak begitu penting. Sebab jika sok depan anda bocor, langsung saja tebus sil OEM yang sudah well-designed untuk sok motor anda. Tidak perlu mengambil resiko. Lagi pula sil sok standar sangat mudah diperoleh. Jika anda tidak ketemu di toko samping rumah, bisa langsung ke bengkel servis resmi. Namun jika anda sudah mengubah komponen kaki-kaki untuk fork depan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebelum membeli dan memasang sil yang cocok.
Umumnya pencinta modif membesarkan ukuran sok depan dengan mengaplikasi sok moge. Salah satu yang paling laris adalah model upsidedown (sok asepdon). Tidak mudah memperoleh sil yang cocok dengan sok moge tersebut. Sil bawaan pabrik mungkin tidak dijual bebas sehingga anda harus mencarinya di toko spare parts moge, inden parts di IU/ATPM, atau order via internet. Namun jika anda malas berlama-lama anda boleh mencari alternatifnya di toko penjual sil.
Hanya saja, berburu sil harus berhati-hati agar tak salah kamar. So, ikuti beberapa tips berikut.
Pertama-tama, tentu saja anda harus memilih sil yang sesuai ukuran sok yang anda miliki. Sebagai contoh jika anda mengganti sok depan anda dengan tipe upsidedown marzocchi milik Aprilia RS 125 anda harus memperhatikan dimensi sil. Terutama anda harus memastikan ukuran lingkar dalam (inner) dan luar sil (outer) sama persis dengan ukuran asli. Silahkan plototi angka-angka mini pada sil lama anda. Misalnya, angka 41 - 52 – 11. Dua angka pertama menunjukkan berturut-turut lingkar dalam dan luar sil. Sementara angka ketiga menunjukkan tinggi sil.

No comments :

Post a Comment