deteksi kiprok rusak

No comments
tips utk penyecekan kiprok/rectifier/regulator :
unit ini ada 6 pin : 3 pin kabel berwarna putih, di FXR warna kuning (dari sepul/ac magneto), 1 pin kabel hitam (ground/chasis), 1 pin kabel merah (ke accu / pengisian), 1 pin no kabel (tdk ada kabel)

dlm keadaan mesin mati :
1.Cabut dr tempat nya , ukur menggunakan "multimeter" (posisi R x 1) , antara semua pin , tdk boleh ada yg "short" (hubung singkat).jika ada yg "short" dipastikan rusak.
2.Pastikan pin warna hitam terhubung ke ground/chassis
jk tidak,pasang kembali spt semula
kemudian pengecekan dlm keadaan mesin menyala , semua lampu mati :
1. Ukur tegangan tiap2 pin yg berwarna putih , akan terukur 14v s/d 15v (terukur thd ground/chassis)
-jika tidak ada tegangan / kecil (<12v) , dan kaadaan kiprok "panas" , dipastikan kiprok rusak
-jika tidak ada tegangan / kecil (<12v) , dan kaadaan kiprok "adem" , dipastikan sepul/ac magneto rusak
2. Ukur tegangan pd pin yg berwarna merah , akan terukur 14 s/d 15
-jika tidak ada tegangan / kecil (<12v) , dan kaadaan kiprok "panas" : 



cek kabel merah yg menuju ke accu/aki , pastikan tidak sobek/koyak dan tidak "short" ke ground/chassis , cek kembali tegangannya
-jika tidak ada tegangan / kecil (<12v) , dan kaadaan kiprok "adem" , dipastikan kiprok rusak

kemudian pengecekan dlm keadaan mesin menyala , lampu utama hidup :
1. Ukur tegangan pd pin warna merah , akan terukur 11,5v s/d 12,5v
-jika tidak , dipastikan kiprok rusak.

semoga bermanfaat...  (thanks to dark_stream)

No comments :

Post a Comment